Senin, 02 Juni 2014

Suku Dayak Ransa, Menukung


SUKU DAYAK RANSA

Dayak ransa merupakan salah satu suku yang ada di Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi Kalaimantan Barat, dayak ini tersebar di beberapa desa di kecamatan menukung di antaranya yakni desa Laman Mumbung mencakup sungai dungan I, Sungai Dungan II, Pondiok Bayan dan Mehola bangis, desa Sungai Sampak seperti Batu Ampar dan desa belaban,  sedangkan yang lainnya juga termasuk suku dayak ransa Guhung Bajang, Beloyang dan Juoi yang berada di daerah pedalaman Kecamatan Mennukung.
Konon Suku dayak ransa pada awalnya berasal dari daerah kabupaten sintang sekitar 4 sampai 5 abad yang lalu karena pada masa itu untuk memenuhi kebutuhan hidup sangat susah sehingga mereka mudik menelusuri sungai melawi demi mencari usaha demi terpenuhinya biaya hidup keluarga  mereka sehari-hari maka dari itu  tersebarlah dayak ransa sampai sekarang  di salah satu wilayah yakni wilayah kecamatan menukung kabupaten melawi.
Suku dayak ransa sangat memegang teguh tradisi adat-istiadatnya dari zaman nenek moyang mereka hingga sekarang, sedangkan kepercayaan yang di yakini oleh suku dayak ransa ialah Kristen katolik dan Kristen protestan walaupun mereka sudah meyakini agama namun mereka tetap menjalankan adat, tradisi, kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan setiap upacara-upacara tertentu pada adatnya  dan itu tetap mereka jalan serta di imbangi antara kepercayaan terhadap agama dengan adat yang ada.
Tradisi atau Kebiasan-kebiasaan  adat suku dayak ransa beraneka ragam namun itu tak membatasi mereka dalam menghadapi masa-masa sekarang seperti yang kita tahu saat ini di mana berbagai alat cangih teknologi yang maju dan budaya yang kekiniaan tidak menyurutkan mereka untuk tetap mengenal budaya mereka kepada kelompok masyarakat lain. Sampai sekarang adat dayak ransa masih sangat kental dan tetap mereka lestarikan serta mereka laksanakan dalam bulan atau tahun tertentu di mana pada saat upacara adat mereka di rayakan.
masyarakat suku ransa
Penduduk suku dayak ransa sekarang kurang lebih 2.500 jiwa, mata  penceharian suku ini rata-rata petani/pekebun dan sebagian lagi pekerjaan mereka seperti menyadap karet, beternak, berburu da sebagian kecil ada yang sudah jadi PNS di daerah setempat.








Penjelasan; dayak ransa dayak merupakan berasal dari kata “daya” dalam bahasa dayak yakni hulu yang berarti penduduk pribumi asli, “daya” juga bisa di artikan dayak darat/darant, sedangkan kata “ransa” berasal dari nama tumbuhan yang sejenis dengan tumbuhan rotan yang tumbuh dan hidup di daerah hutan sekitar perkampungan mereka .
Itulah sedikit gambaran mengenai suku dayak ransa yang ada di kecamatan menukung kabupaten melawi Kalimantan barat Indonesia.
Sekian,, tulisan saya mohon maaf kalau dalam penulisan kata-kata tidak teratur dan tidak sesuai dengan apa yang di inginkan oleh pembaca, dengan cara ini penulis berbagi paham dan informasi maka penulis mohon masukan, kritik, dan saran sangat di harapkan sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar